Pages

Saturday 18 April 2015

TIPS MEMANDIKAN BURUNG DENGAN OLAHAN BAHAN TRADISIOANAL


Haloooo sobat pecinta burung,disini saya akan memberikan sedikit tips untuk memandikan burung anda agar lebih menarik dan tidak sakit-sakitan,manfaat memandikan burung terutama adalah menjaga kesehatan dan membuat bersih burung itu sendiri,terutama kesehatan bulu dan kulit. Biasanya kutu dan serangga sangat cepat berkembang biak pada bulu burung tersebut sehingga urung tersebut malas untuk mengoceh atau manggung. Hal ini dikarenakan burung tidak sibuk untuk mencari kutu yang menempel di badannya.Disamping itu dengan rajin dimandikan bulu derkuku akan terlihat mengkilap dan dapat menghindarkan dari penyakit-penyakit yang mendatanginya.

Untuk burung bakalan hasil dari temuan di lingkungan bebas, dimasukan kedalam sangkar dimandikan terlebih dahulu serta diberi  tambahan vaksin atau vitamin agar burung tersebut tidak terpapar penyakit dari alam liar,karena penyakit burung banyak sekali di alam bebas yang mematikan

Setidaknya untuk seminngu sekali sebaiknya burung dimandikan dengan Air Bekas Cucian Beras dicampur beberapa macam bunga dan daun-daunan. Berikut cara membuat ramuan untuk memandikan burung kesayangan kita

  1. Bunga mawar merah,mawar putih,melati,daun kelor,dan daun pandan diremas-remas
  2. Kemudian dicampurkan  kedalam air leri yang masih bewarna putih dan kental
Bunga dan daun-daunan ini sangat ampuh untuk membasmi kutu dan seranga yang menepel di badan burung,wadah yang di pergunakan sebaiknya yang agak lebar sehingga tidak merusak bulu burung peliharaan kita.

Untuk menghindari agar burung tidak berontak saat di mandikan,kedua kaki burung di jepit antara jari manis dan jari kelingking,jari telunjuk dan ibu jari menahan leher,sedang jari tengah menahan dada.

Sebelum dicelupkan ke dalam air,badan burung dibasahi terlebih dahulu. Setelah itu,burung dimasukan secara pelan-pelan kedalam wadah yang berisi ramuan tadi,seluruh bulu di bersihkan,kedua sayap dibentangkan secara bergantian di dalam air cucian,setelah semua bulu bersih,burung diangakat dari air leri dan disuapi dengan vaksin sebelum di masukan lagi kedalam sangkar,untuk sementara waktu,sangkar yang berisi burung yang baru saja di mandikan dan masih basah di gantung di tempat yang teduh. Burung di biarkan terkena air agar cepat kering,setelah itu gantung di tempat yang terkena sinar mentari.

Berikut tips memandikan burung yang baik,mungkin ini sedikit membantu para pecinta burung pemula agar tidak salah dalam memandikanya,sebenarnya ada tehnik lain untuk memandikan burung peliharaan anda,mungkin lain kali akan saya buat lagi artikel tambahan untuk membuat ramuan dan tambahan tehnik lain,trimakasih dan semoga bermanfaat bagi kalian yang sempat melihat postingan saya.


No comments:

Post a Comment